Oleh: Refa | 18 November 2008

Hotspot Dibenci v.s Hotspot Dicari


Setahun yang lalu, di musim kemarau yang menyengat, seorang wartawan media cetak datang ke kantor, mencari informasi data Hotspot. Hotspot yang dimaksud adalah foto Citra satelit yang menunjukkan Hotspot (titik panas) di wilayah kalimantan selatan. Di koordinat yang ditunjukkan di foto Citra Satelit itulah lokasi kebakaran (=pembakaran?) hutan/lahan terjadi. Sistem kerja satelit Citra ini mengandalkan sensor panas yang telah disetting pada suhu tertentu (titik api) di kombinasi dengan kamera resolusi tinggi umumnya mengunakan infra red. Prinsip kerjanya : sensor panas pada satelit akan menangkap lokasi di bumi di mana disitu terjadi peningkatan suhu yang tidak wajar (ekstrem) yang diasumsikan di lokasi itu telah terjadi kebakaran. Informasi seperti ini sangat membantu upaya untuk menentukan lokasi kebakaran hutan dan mengambil keputusan tindakan apa yang akan dilakukan.

Kini ternyata istilah Hotspot juga dipergunakan di dunia Komunikasi Internet dan IT. Hotspot yang dimaksud disini adalah area (dengan radius tertentu) dimana disitu terdapat jaringan internet nirkabel (tanpa kabel). Mungkin ada yang bisa mendefinisikan lebih jelas dan lengkap?.

Beberapa waktu yang lalu, seorang teman yang baru saja beli laptop datang ke kantor saya minta untuk diajari bagaimana mensetting/menginstall agar laptopnya bisa dipakai untuk koneksi internet. lalu setelah saya settingkan sekalian menjelaskan ini dan itu, jadilah teman saya itu mulai asyik browsing di dunia maya. Beberapa hari berlalu, teman tadi mulai sering menghubungi saya menanyakan kapan saya ada di kantor sore hari, karena dia mau belajar internetan lagi. Karena kesibukan masing-masing, sulit untuk menentukan waktu kapan kita bisa ketemu lagi di kantor untuk “sekedar” menelusuri dunia maya. Akhirnya saya sarankan dia untuk mencari lokasi hotspot saja dari pada untuk sekedar internetan harus nunggu saya ada di kantor sore hari.

Ternyata dia belum terlalu paham juga hotspot itu apa? Akhirnya saya harus menjelaskan lagi bagaimana cara mensetting dan menggunakan hotspot. Prinsipnya tidak jauh beda dengan koneksi dengan speedy yang ada di kantor, hanya ada sedikit setting yang harus dirubah.

Berikutnya adalah menunjukkan lokasi hotspot yang ada di Banjarbaru dan sekitarnya, sehingga dia tidak harus jauh-jauh datang ke kantor lagi. Info ini sekaligus saya tulis di sini, barangkali ada para pembaca yang belum mengetahui lokasi-lokasi hotspot di Banjarbaru dan sekitarnya:

1. Area seputar lapangan Murjani. Yang ini kemungkinan besar sudah banyak yang tahu. Hanya saja menurut saya masalah keamanan harus anda perhitungkan kalo anda memilih lokasi ini. Usahakan jangan terlalu menyendiri (jauh dari kerumunan orang), pilih tempat yang terbuka namun tetap enjoy. jangan terlalu malam sampai suasana sepi, nenek bilang itu berbahaya, meskipun saya belum mendengar berita ada pemerasan terhadap aktivitas berburu hotspot di sini.

2. Area Hotel Batung Batulis Banjarbaru (Cafe dan halaman). Rasanya kurang etis kalau kita kesitu tidak memesan apa-apa di Cafe, hanya duduk dan ngenet doang).

3. Arafah Computer (Jl. A yani dekat BRI Banjarbaru). Menurut saya areanya terlalu sempit dan panas kalau siang hari karena nggak ada pepohonan hanya tempat parkir sepeda motor yang beratap, itupun tidak terlalu luas. Saya sering lihat malam hari yang banyak orang, bahkan sampai subuh yang pernah saya lihat.

4. Warnet Fresh Net (jln Panglima Batur Timur/seberangan Masjid Kanzul Khairat). Yg di sini anda harus jadi member dulu.

5. Parahyangan Resto. yang ini di Landasan Ulin, jalan masuk ke Bandara. Pengalaman saya di sana ,meskipun gratis tapi sering hilang sinyal (sinyal terlalu lemah, sinyal putus, bahkan gagal konek).

6. Perpustakaan Unlam Banjarbaru (Belakang Masjid Kampus Unlam). Disini sistemnya menggunakan voucher seperti halnya Voucher isi ulang HP.  kalau harus bayar juga, sama aja dong dengan di warnet? Lebih murah barangkali?  Yang pasti tempatnya tenang karena di ruang perpustakaan. Saya sendiri belum pernah mencoba.

7. Mapala Pertanian Unlam “GRAMINEA”, lokasinya nggak jauh dari yang no.6. Tepatnya adalah di depan Masjid kampus Al Baythar). Lokasinya enak, teduh, bisa santai. Bahkan menurut saya ini adalah lokasi Favorit. Sinyalnya lumayan, dari area masjid masih bisa diakses. Sehingga sering saya lihat banyak yang memilih lokasi di teras masjid, lebih adem, aman. Saran saya berpakaianlah yang pantas di masjid (Menutup AURAT,meskipun hanya di teras), untuk perempuan pakailah jilbab. jaga kebersihan dan ketenangan karena anda di tempat ibadah. Malam haripun nggak masalah disini, mau tidur di masjid juga boleh asal jangan ngompol/ngiler.

Barangkali ada diantara pembaca yang mengetahui lokasi hotspot lainnya, informasikan ke sini ya.


Responses

  1. tambahi bos, bensco billiard, ruko samping museum. GRATIS !

    satu lagi yg bakal GRATIS tetapi masih rencana, belakang amaco, taruna praja III, sebelum SGO. kantor saya sendiri hehe. (Mflash pusat penjualan pulsa elektrik) ada yang mau bikin cafe angkringan di halamannya tuh kantor? silakan nego dengan saya ya :)

    Suka

  2. jadi pengen ngetes semuanya :D

    Suka

  3. tambahin lagi tuh di depan Diklat Propinsi, ma di Komplek Banua Permai

    Suka

  4. tapi banyak kegunaannya kalo mau ngemanfaatin……………..

    Suka


Bagaimana tanggapan anda ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: