Oleh: Refa | 27 Desember 2008

Curhat (Open Your Mind)


“Pren, tambah hari kok kayaknya hidup makin susah aja ya?! Nyari kerja susah, pas dapat kerjaan, eee upahnya gak nyukup ama kebutuhan.soalnya apa2 sekarang pada mahal. Angkot mahal, rumah sakit mahal, susu mahal, semuanya mahal. Orang kecil kaya gue paling cuma bisa terus kerja keras buat ngisi perut. Makanya lewat tengah malam kaya gini gue masih belum tidur juga. Mau tidur tapi kerjaan belum beres. Suntuk gue! Kalo udah gini gue biasanya inget ama loe! Bukannya gue kangen, muka loe kayak bantal! Duh.. Gue kangen banget nih ama anak bini gue, sekarang mereka gue tinggal di kampung. Padahal anak gue baru aja seminggu lahir. Gile banget nih kerjaan, bikin gue terasing dari keluarga. Kasian banget bini gue. Dulu selama hamil sering gue tinggal di rumah. Sekarang pas udah ngelahirin malah gue tinggal di kampung dirumah ortu.

Pren, gue bener2 pengen berubah nih. Gue gak pengin begadang terus kayak gini. Bini gue sampe pernah ngeluh gara2 gue kayak gini. Tapi trus gue bilang: “apa yg abi kerjakan ini bukan kerjaan biasa, tapi kerjaan ngebangun sejarah. Sejarah perubahan. Bini gue sebenarnya ngerti banget ama kerjaan gue. Cuma dia pengin hidup gue lebih teratur. Pren, temen2 gue disini pada bingung kok bisa gue hidup kayak gini, jauh dr keluarga. Tapi pren, org2 lebih bingung lagi kenapa bbm masih mahal?  Padahal kan harga minyak dunia udah murah banget. Mereka juga bingung kenapa sekolah mahal? Perguruan Tinggi Negri mau diswastakan, supaya lebih keren (-padahal untuk membodohi rakyat yg memang masih bodo) istilahnya diganti dengan nama UU BHP. Trus  subsidi langsung 100 ribu tiap bulan. Tapi gak semua rakyat miskin kebagian subsidi. Buktinya gue gak dapat kartu subsidi. Mereka yg dibilang miskin and dapet 100 ribu per bulan itu yg penghasilannya gak lebih dari 120 ribu per bulan. Jadi yg pendapatannya 150 ribu gak dapet subsidi. Pren, otak loe masih sehat kan dibandingin gue? Gue mau nanya: emang duit 150 ribu cukup buat apa selama sebulan? Emang kita butuh makan doang? Emang kita nggak butuh ngontrak tempat tinggal? Emang kita gak butuh sekolah? Emang kita gak butuh obat kalo sakit? Emangnya listrik gratis? Emang bayi kita gak butuh susu? Kata gue sih, sebelum mereka naikin harga BBM, coba deh mereka ambil duit 150 ribu aja dari deposito mereka, trus coba keluar dari rumahnya yang mentereng dan coba hidup sebulan bareng ama rakyat. Bisa nggak mereka hanya berbekal 150 ribu. Gue yakin mereka bakal ngerasain kurang gizi, busung lapar, muntaber, flu burung, lumpuh layu, chikungunya, kedinginan karena tidur di kardus. Makanya gak heran orang lebih milih gak usah dibagi duit 100 rb, asal BBM jmurah. Soalnya kalo BBM mahal semua kebutuhan hidup jadi mahal. Dan naiknya semua kebutuhan hidup gak sebanding dgn duit 100 rb/bln. Pren, org2 juga pada bingung kenapa mereka dulu milih pemimpin kalo akhirnya kayak gini.. Rakyat tambah sengsara. Mereka bingung kenapa dulu milih wakil rakyat, tapi setelah dipilih malah cuma ngurusi diri sendiri. Kenapa mereka ngaku wakil rakyat. Sekarang gue bingung katanya demokrasi itu dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat. Sekarang mana yg untuk rakyat? Rakyat cuma dapaet sengsaranya doang. Katanya jargon demokrasi “suara rakyat suara tuhan” tapi kok rakyat udah teriak2 minta BBM diturunkan, kok dicuekin, gak didengerin?

Pren tahu gak? Kemarin bini gue nangis beberapa kali. Gue bingung kenapa bini gue nangis? Gue kira bini gue sedih karena gue tinggal keluar kota demi urusan dakwah. Ternyata bini gue nagis karena air susunya susah keluar. Jadi anak gue susah dapat asi. Bini gue takut nanti gak bisa beliin susu buat anak gue. Ya Allah gue jadi sedih!!! Tahu gak pren, sehari sebelum bini gue beranak. Badan bini gue mendadak panas. Dikira cuma panas biasa, tapi besoknya panasnya malah tambah tinggi. Bini gue sampe menggigil saking panasnya. Gue jadi takut, khawatir banget, jangan2 bini gue kena flu burung. Akhirnya gue manggil bidan, tapi bidan juga gak sanggup trus nyaranin spy dibawa ke rumah sakit bersalin saja. Baru masuk RS bersalin, gue diminta nandatanganin surat kesanggupan bayar biaya ngelahirin anak gue. Gue lihat angkanya: 2,1 juta. Gilaaaa!!!!!! Mahal banget, tapi ya udah gue terima aja. Padahal dana yg gue punya cuma cukup buat ngelahirin di bidan aja. Udah gitu perawatnya nyodorin lembar yg satu lagi. Dia nanya apa gue sanggup bayar biaya operasi kalo nanti ternyata bini gue dioperasi. Gue lihat lagi angkanya: busyet 7juta. Tapi gue pura2 nggak kaget and tenang sambil tanda tangan tuh surat. Padahal gue bingung nanti gue bayar pake apaan? Dokter datang, langsung nyaranin agar bini gue dioperasi saja. Dia bilang bini gue infeksi. Nanti bayinya bisa kena infeksi juga. Gue ngerasa dokter ini lagi nakut2in gue, soalnya bini gue gak batuk, gak pilek, air ketuban juga belum pecah, lantas infelsi dari mana?

Pren loe tahu nggak kira2 infeksi dari mana? Dokter itu aja jadi bingung infeksi darimana. Aneh kan denger2 sih dokter2 sekarang suka “gatel” nyuruh operasi caesar padahal sebenarnya bisa normal. kenapa gitu ya pren? Kalo emang bener, jahat banget tuh dokter. Gue gak mau panik, gue bilang sama dokternya: “dok, tolong bini gue dikasih rangsangan dulu, nanti kalo sampai lewat 12 jam belum lahir juga, silakan dibedah. Trus gue disuruh ke lab ngecek urine ama darah bini gue. Pas gue lagi nunggu hasil lab, gue bilang ke Allah: ” ya Allah hambamu ini meminta segera lahirkanlah anak kami dgn kemudahan. Semoga ia menjadi pemandu umat ini di jalanmu yg lurus. Dan semoga anak kami rajin mandi gak seperti bapaknya, Amin. Aku telah menunaikan kewajibanku untuk hanya memohon kepadamu, kini giliranmu unutk mengabulkannya” trus supaya dikabulin, gue sebutin kebaikan2 bini gue, soalnya kalo gue sih kayaknya gak ada baiknya. Rupanya Allah memang punya rencana lain, bini gue memang harus dioperasi, “ya Allah ,aku tetap ridho dgn keputusanmu!”

Bini gue trus dibawa ke ruang kelas ekonomi, “barak sejuta umat”. Tahu nggak ternyata ibu2 yg satu barak ama bini gue semuanya lahir dengan operasi. Trus malemnya ada ibu hamil yg datang ke rumah bersalin itu. Apa yg terjadi? Ibu itu juga dioperasi. Gue sampe heran, kok operasi semua. Gue sih seneng anak mereka lahir, tapi gue juga mikir, apa mereka bener2 sanggup bayar. Jangan2 mereka terpaksa hutang ama rentenir, atau terpaksa jual halaman rumah. Trus gimana kalo mereka tetap gak bisa bayar? Anak mereka mungkin bakal disandera sampe ortunya bisa nebus. Pren, hidup bener2 tambah keras. Kita kudu nyiapin keluarga spy kuat ngadepin kerasnya dunia. Sejak belum diberi nama, umurnya baru beberapa hari, anak gue udah gue ajarin ttg kehidupan ama gimana cara ngejalanin kehidupan. Pas gue giliran jaga malem, gue ajarin dia doa sebelum tidur, habis itu gue bilang ama anak gue: ” jadi…adek bisa hidup krn Allah, umi hidup krn Allah, abi hidup juga krn Allah, semua hidup krn Allah. Makanya adek harus nurut sama Allah. Kalo kita hidupnya gak pake aturan Allah, kita semua bakalan susah, trus nanti masuk neraka. Adek nanti juga mati krn Allah, jadi adek jangan takut sama siapapun kecuali Allah ya? Adek nanti pasti mati, umi juga mati, abi juga mati, semua juga mati. Jadi adek nggak boleh takut mati. He.. He serem ya pren?

Pren kayaknya punggung gue dah pegel2 nih pengin direbahin. Waduh gue bener2 kangen sama anak bini gue. Gue sebenernya gak tega ninggalin mereka dikampung. Orang2 mungkin nganggap gue tegaan, and kurang tanggungjawab. Tapi gue udah bilang ama bini gue: “kita musti terlatih ama kondisi kayak gimana aja. Bukan gue gak sayang keluarga, justru ini krn gue sayang keluarga. Ini latihan, anak gue hrs tegar, gak boleh manja, krn nanti anak gue juga hrs jadi penggerak perubahan, bukan jadi org yg nyerah sama keadaan. Gue percaya anak gue nanti bakal bangga punya bapak kayak gue. Do’ain ya pren!

Pren. Kata org2 pinter, masalah mahalnya BBM, masalah mahalnya biaya rumah sakit, mahalnya sekolah, masalah teroris juga masalah2 yg lain itu gara2 kapitalisme. Kapitalisme bikin rakyat jadi susah. Kapitalisme bikin ibu2 sedih, bikin org2 dimana2 pada ketakutan. Kapitalisme juga bikin anak2 gadis diperkosa, bikin janin2 digugurin. Tapi gue heran kalo emang kapitalisme jahat kok gak kita lawan saja ya? Gak berani? Kalo gitu kita keroyok saja, ajak orang seluruh dunia buat ngelawan kapitalisme, pasti keok dia. Udah dulu ya pren ngantuk berat nih. Zzzzzz zzzzz zzzz

(from open mind to open your mind, dengan sedikit perbaikan)


Responses

  1. Negeri yg carut marut ini, smoga bisa lebih baik ditangan yg benar, paling ga saya berdoa demikian, amin

    Suka

  2. saya sudah bosan teriak. nga ada yang mau mendengarkan. seperti kata abang di atas saya. cuma doa yang bisa say lakukan sekarang. sesekali juga menulis dan berharap semoga mereka baca dan terketuk hatinya

    Suka


Bagaimana tanggapan anda ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: