Oleh: Refa | 21 Desember 2011

Scaner + Modem = Fax ?


Berawal dari mendapatkan job untuk entri data online tadi malam. Alhamdulillah jam 01.oo dinihari dah kelar, Tinggal diupload dan ……… JRENG. File sudah terkirim. Selesai ?

Tidak. Ternyata ada pesan masuk, berkas asli harus dikirim segera, paling lambat jam 07.oo. GUBRAK. mati gue kataku dalam hati. Habis gimana coba. Malam malam gini, hujan pula, mana ada WARTEL yang buka, kalaupun ada, itu juga cukup jauh. dan itu juga belum tahu persis apa masih buka apa nggak hujan-hujan tengah malam gini. Mau nebeng ngefax di kantor, sama juga jauh dan males. Belum lagi kalau ternyata ruangnya dikunci. wah gimana ya? Beli mesin fax sendiri? Apalagi ini, lebih nggak mungkin, pertama harganya mahal, kedua nggak ada toko yang buka. ketiga males ngeluarin motor lagi, keempat kelima keenam….dst. Pokoknya nggak lah kalau harus beli.

Solusinya ?  ya nunggu besok saja deh sambil minta keringanan agar batas waktunya diperpanjang kira2 sampai jam 09 pagi lah, nunggu WARTEG eh WARTEL nya buka.

Tapi tunggu dulu,  aku ada ide, pertama aku berpikir, bagaimana sih cara kerja mesin fax itu? Mungki seperti ini ya:

pertama dokumen dicopy/discan, kemudian dikirim via jaringan telepon, kemudian di tempat tujuan yang terjadi adalah kebalikannya. data dari jaringan telepon, diubah dalam bentuk printout kertas.

Hmmmm begitu ya. Jadi cuma begitu saja to? Kalau begitu simple aja toh ! Mesin fotocopy alhamdulillah aku ada, kebetulan printerku yg bisa dipakai buat scan dan potocopi.  Trus jaringan telepon jelas ada dong. Hape maksudnya. Hari gini gak punya hape ? ke laut aja deh. Hape saat ini bukan barang konsumtif lagi, tapi udah menjadi kebutuhan banget.

ok kembali ke laptop topik. Kalau telepon rumah/ pake kabel telkom memang gak ada. Trus apa bisa ya hape dan scaner buat ngefax?

Mikir lagi…. Kalau lewat internet bisa nggak ya? Modem kan ada. internet kan sama aja dengan jalur komunikasi, berarti harusnya bisa dong.

Akhirnya aku coba-coba googling di internet nyari-nyari info tentang ini. Setelah kurang lebih 15 menit kasak kusuk di dunia maya, akhirnya nemu juga artikel yang cukup bisa membantu. bahkan ada juga software yang menawarkan layanan fax ini.

Singkatnya jika kita punya scaner, modem, plus ada pulsa yang cukup tentunya. hape yang bisa berfungsi sbg modem juga bisa. karena prinsipnya kita menggunakan internet.

Trus gimana cara menggunakannya?

Pertama install dulu software faxnya, ada banyak software di internet yg bisa kita pilih. Dalam hal ini saya menggunakan Faxtalk. bisa download di sini.

Kedua Pasang scaner dan hidupkan

Ketiga Pasang modem. Ingat ketika sedang install Faxtalk, status modem jangan dikoneksikan ke internet dulu, jadi hanya standby saja. Artinya sudah terdeteksi adanya modem.

Kalau semuanya sudah siap, maka kita tinggal gunakan software tersebut. Kalau kita akan mengefax dokumen, maka tinggal kita scan dokumennya, kemudia masukkan nomer tujuan, dan kirim. Selesai. Kalau dokumen sudah masuk ke folder sent item, berarti sudah terkirim, kalau masih di folder outbox, berarti pending. Kemungkinan no tujuan tidak bisa dihubungi, atau pulsa anda tidak cukup. Bisa juga gangguan komunikasi (koneksi nggak stabil).

Semoga bermanfaat.

Iklan

Responses

  1. Kalau boleh tau…
    ini modem apa ya.. yg dipakai??
    terus pakai operator apa ?
    tolong rincian’nya..

    apakah ada YM. sangat amat butuh Fax ni.

    Suka


Bagaimana tanggapan anda ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: