Oleh: Refa | 4 Juni 2013

Alhamdulillah Facebook Saya Telah Kembali


RAMPOOOKKKK !!!

Ini bukan teriakan Si Bebi Romeo, juri X Factor ya. Tapi ini beneran. Beneran tadi malam atau habis subuh tadi telah terjadi rampok di rumah saya. Rumah saya di dunia maya tentunya. He he he Piss.

Entah facebook yang lagi error apa memang ada orang yang telah membobol akunku ya? Tadi habis subuh saya mau buka facebook dari hape, eh ternyata nggak bisa, kok tumben nih. Karena penasaran dicoba sekali lagi. Tetap nggak bisa, lalu saya coba buka  dari tablet. Lho kok nggak bisa juga, Wah gaswat nih pikir saya. Asli cemas banget saya Bro.

Moso sih jadi gini. Lha biasanya oke oke aja lho. Gimana nggak panik coba. Begitu baru membuka aplikasi Facebook langsung muncul komentar yang isinya “terjadi kesalahan pada akun anda, silahkan masuk pake browser”,

Sempat menuduh pasti si Robot Hijau Android lagi stress n error nih. Tapi pas dicoba lewat netbook , kok juga nggak bisa, malah muncul komentar : “sepertinya ini akun palsu, untuk memastikan anda pemilik akun yang asli, silakan selesaikan tahapan berikut,”

Masya Allah, sampai disini saya langsung teriak RAMPOK. Kena deh gue.

OK deh, tenang-tenang , saya mencoba menghibur diri. OK baiklah saya ikuti perintah yang ada di layar netbook.

Tantangan pertama tebakan capchay, yang ini terlewati, mata saya kan masih awas Bro (sebenarnya sih sudah plus 0.25). Tahap  berikutnya saya disuruh menebak nama-nama teman kontak dalam foto yang ditampilkan sampai 5 kali tahap tampilan Bro. Mirip kuis di TVRI jaman dulu aja nih, O O SIAPA DIA ? Pada tahap ini hanya boleh pass (lewati 2 kali saja). Sulit sekali, fotonya kolosal dan harus 5 jawaban betul. Karena kelamaan mikir, kemudian saya ditolak aksesnya. Mati deh pikir saya.

Takut terjadi miss persepsi dari teman2 kontak krn penyalahgunaan akun ini, saya mencoba update status dari wordpress yg sudah dilink ke Facebook, Twitter, dan Netlog. Isi postingan berupa pengumuman bahwa facebook saya telah dibajak orang, apabila ada update status dari facebook yang tidak senonoh, itu bukan dari saya yang asli (lihat postingan sebelum ini). Ternyata linknya yang ke facebook nggak jalan juga. Waduh gimana ini.

Lalu saya mencoba masuk dari Skype, software favorite saya buat videocall dengan mantan pacar (baca istri) yang lagi  berada di seberang lautan. Eh ternyata dari sini Nggak bisa juga. #gubrak

Tidak putus asa, saya coba bersihkan coki coki dan seluruh recent history di browser Serigala Api, kemudian mengulangi dari awal, tetap sama seperti semula, nggak bisa masuk. Lantas Saya coba untuk meminta ke facebook agar sudi mengirimkan sms code generator ke Si Nenek Gayung (smartphone saya). Untung masih bisa, setelah itu tahapan terulang lagi masuk ke capchai dan tebak nama dalam foto. Tebak Nama inilah bagian yang paling bikin deg-degan. susah sekali dan hanya mengandalkan logika, feeling, dan faktor keberuntungan. Yaa namanya juga untung-untungan. Karena nggak boleh lama-lama mikir pada tahap ini. Alhamdulillah kali ini lolos, dan akhirnya saya berhasil merebut akun saya kembali. Takut terulang lagi buru-buru saya ganti password, dan password facebook saya yang baru adalah RAHASIA.

Pesan moral:

  • Perketat keamanan properti milik anda, apapun, dimanapun.
  • Sistem yang canggih buatan manusia masih ada saja titik kelemahannya, ini membuktikan bahwa manusia itu sejatinya punya kelemahan, dan keterbatasan, tak mungkin sempurna.
  • Hanya Allah SWT Zat yang Maha Sempurna.
  • Jangan suka iseng mencoba membuka sofware atau halaman web yang kadang tanpa kita sadari telah disisipi malware, atau para pengintai yang memasang PISHING. jangan mudah terpancing.
  • Jangan mudah menyerah, persoalan apapun pasti ada penyelesaiannya. Tak ada penyakit yang nggak ada obatnya.
  • Apa lagi ya? …..tambahi sendiri deh pesan moralnya di kotak komentar di bawah ini

Bagaimana tanggapan anda ?

Kategori

